Ciri Ciri Pisang Mas, Harganya Di Pasaran, Gambarnya, Dan Perbedaan Pisang Mas Dan Pisang Muli

Ciri Ciri Pisang Mas, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Salah satu dari jenis pisang yang kaya akan manfaat adalah pisang mas atau bisa juga disebut pisang emas.Terlebih pisang mas untuk ibu hamil dan tentunya juga untuk kesehatan, itu karena kandungan nutrisi dari pisang mas. Selain itu, buah pisang mas ini adalah buah pisang yang berbeda dengan jenis jenis buah pisang lainya.

Kenapa.....?

Karena salah satu keistimewaan pisang emas sebagai sarana pelet atau pengasihan, tak hanya itu, mitos pisang mas juga bisa untuk peluntur susuk.

Terlepas dari semua itu, pisang mas memang salah satu pisang meja yang banyak disukai masyarakat, itu karena pisang yang mungil ini memiliki rasa yang manis.

Pada umumnya, pisang mas ini dijadikan pisang meja atau pisang pencuci mulut, akan tetapi banyak juga ibu ibu rumah tangga yang kretif mengolah pisang mas ini menjadi berbagai resep kue.

Sahabat jangan heran ya, jika pisang yang hanya berdiameter 3-4 cm ini harganya bisa mengalahkan buah pisang yang ukuranya jauh lebih besar seperti pisang kepok misalnya.

Itulah sekelumit pembuka untuk pisang mas, jika sahabat membaca tulisan ciri ciri pisang mas ini hingga selesai, maka sahabat akan menemukan informasi yang belum pernah dibahas siapapun, karena karya ini adalah hasil survai langsung penulis di lapangan.

Baca Juga : Nama Lain Pisang Lampung, Harga, Ciri Ciri Dan Gambarnya

Inilah Pentingnya Kita Tau Ciri Ciri Pisang Mas


Gambar Pisang Mas Dan Ciri Ciri Pisang Mas
Gambar Satu Sisir Pisang Mas

Karena kita akan mengenali buah pisang mas, maka sebaiknya kita fokus ke buahnya dan tidak menyinggung pohon pisang mas, apalagi melenceng ke yang berbau mitos.

Seperti disinggung di atas, buah pisang mas ini mungil atau ukuranya kecil, bahkan hanya dengan satu dua gigit saja pisang mas akan habis kita makan. Akan tetapi, rasanya yang super manis akan menjadikan sahabat ingin makan lagi dan lagi.

Bentuk buah pisang mas ini hampir mirip dengan pisang muli, tak jarang para penikmat buah pisang terkadang terkecoh dengan penampilan luar kedua pisang tersebut. Selain itu, oknum pedagang buah pisang juga tak jarang yang memanfaatkan kemiripan kedua pisang ini.

Ko' bisa.....???

Begini, harga pisang muli jauh di bawah harga pisang mas, bahkan bisa dibilang separo harga, dengan adanya kemiripan bentuk dari kedua janis pisang ini, oknum penjual mengatakan pisang muli itu adalah pisang mas dan menjualnya dengan harga pisang mas.

Untuk alasan ini jugalah wesite jenis pisang dan manfaatnya mencoba berbagi pada sahabat akan ciri ciri pisang mas, agar kita para konsumen buah pisang tidak terperdaya oleh oknum penjual pisang yang curang.

Baca Juga : Buah Pisang Ini Namanya Pisang Raja Bawen, Kalau Di Daerah Kamu Namanya Apa?

Ciri Ciri Pisang Mas Masih Keadaan Tandan Dan Harga Pisang Mas Per-tandan


Gambar Dua Tandan Pisang Mas Dan Ciri Ciri Pisang Mas
Gambar Dua Tandan Pisang Mas

Ketika sahabat ingin membeli pisang mas ini dalam jumlah besar atau banyak, ada baiknya sahabat membelinya ketika masih utuh tandan. Kenapa, karena harga per tandan dengan per sisir selisih jauh sekali.

Sebagai contohnya......tadi penulis ke pasar untuk membeli pisang mas. Penjual pisang mas bilang untuk satu tandan harganya 60 ribu akan tetapi ketika penulis tanya per-sisir harganya 15 ribu.

Jika satu tandan pisang mas memiliki 10 sisir pisang, harga satu sisirnya 15 ribu maka jumlah uang yang sahabat keluarkan adalah 150 ribu untuk 10 sisir. Hemat mana dengan membeli pisang mas yang masih dalam keadaan utuh tandan?

Akan tetapi, jika sahabat ingin membeli hanya satu sisir pisang mas, maka sebaiknya pandai pandai untuk menawar harganya, karena, pada umumnya para penjual pisang akan menawarkan satu sisir pisang mas dengan harga 15 - 17 ribu, akan tetapi jika kita pandai menawarnya, minimal atau paling tidak kita bisa membelinya dengan harga 11 - 13 ribu.

Untuk ciri ciri pisang mas yang baik ketika masih dalam keadaan tandan, pilihlah yang masih utuh, dalam arti buah yang ada di tandan tidak ada yang ciri atau rusak ( baik kena benda tajam atau karena penyakit ).

Gambar Ciri Ciri Pisang Mas Yang Bagus
Gambar Pisang Mas Masih Mentah

Pilihlah yang memiliki sisir banyak dan buahnya mulus dan montok, dan sebaiknya ditanya apakah matang pohon atau tidak, ini penting, karena buah yang matang pohon rasanya lebih manis ketimbang yang tidak matang pohon ( jawa - mateng imbon ).

Baca Juga : Mau Tau Beda Pisang Agung Dan Pisang Tanduk? Berikut Ulasanya

Ciri Ciri Pisang Mas Per sisir Dan Harga Pisang Mas Per sisir Serta Perbedaan Pisang Mas Dan Pisang Muli


Jika sahabat ingin membeli pisang mas per sisir, maka perhatikan baik baik ciri ciri pisang mas berikut ini agar tidak salah membeli.

Gamabar Ciri Ciri Pisang Mas
Ciri Ciri Pisang Mas

Gambar Ciri Ciri Pisang Mas Serta Perbedaan Pisang Mas Dan Pisang Muli
Perbedaan Pisang Mas Dan Pisang Muli

Kedua gambar buah pisang di atas adalah pisang mas dan pisang muli, sekilas keduanya sama akan tetapi jauh berbeda.

Yang dipegang oleh tangan kanan itu adalah pisang mas dan yang tangan kiri adalah pisang muli, kedua jenis pisang ini ukuranya mini, panjang kedua buah ini kurang lebih juga sama yakni berkisar 9 cm.

Kedua pisang ini juga lebih dominan untuk dimakan langsung, walaupun juga bisa diolah sebelum dimakan.

Untuk membedakan keduanya, pertama sahabat perhatikan bentuk buahnya,

- Pisang mas lebih berisi atau tambun, sedangkan pisang muli lebih langsing atau kurang beriri
- Pisang mas pada ujung buahnya tumpul sedangkan pisang muli pada ujung buahnya lancip atau runcing

Kedua untuk membedakan pisang mas dan pisang muli dengan membandingkan harganya, sedikit disinggung di atas harga pisang mas lebih mahal ketimbang pisang muli, pada umumnya penjual pisang menjual pisang mas dengan harga 15 rb per sisirnya. Sedangkan untuk pisang muli harga pasaranya berkisar di 7 ribuan per sisirnya.

Untuk rasa kedua pisang ini juga manis manis semua.

Jadi gimana sahabat semua, apakah ulasan ciri ciri pisang mas ini memberi sedikit gambaran untuk membedakan pisang mas dengan pisang muli?

Jika iya....tolong bantu di share ya.....

Baca Juga : Mengenal Ciri Ciri Buah Pisang Barangan, Harga, Dan Pohon Pisang Barangan

2 Responses to "Ciri Ciri Pisang Mas, Harganya Di Pasaran, Gambarnya, Dan Perbedaan Pisang Mas Dan Pisang Muli "

  1. Gan, beberapa waktu yang aku beli pisang 'muli' dalam satu tandan, tapi per sisir tuh bisa 20-23/24 buah pisang.

    Pisang apa yaa itu? apakah emang pisang muli? Kalau kata orang2 di sekitar situ sih pisang Muli..

    ReplyDelete
  2. Kalau perbedaan daun pisang mas sama muli apa

    ReplyDelete
Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel