Jenis Pisang Untuk Kolak Yang Paling Enak

Jenis Pisang Untuk Kolak, jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id | Kolak merupakan menu andalan berbuka puasa yang paling umum kita jumpai saat bulan puasa tiba. Apa sebenarnya kolak itu? Kolak merupakan jenis makanan yang bahan bakunya adalah ubi dan juga pisang yang dimasak dengan tambahan santan dan juga gula merah atau gula aren.

Selain itu, untuk menambah cita rasa dan keragaman isi dari kolak itu sendiri ada juga yang menambahkan berbagai bahan lain, seperti misalnya kolang kaling, cau dan yang lainya. Walaupun makanan atau kuliner kolak ini sangat sederhana, akan tetapi memerlukan pemilihan bahan baku yang tepat, agar cita rasanya benar benar istimewa.

Seperti misalnya ubi yang dipilih juga yang baik, apa lagi pisangnya. Pisang untuk bahan dasar kolak juga harus dipilih dengan baik, karena jenis pisang sendiri ada dua macam, yakni pisang meja dan pisang olahan ( plantain ).

Dan yang paling pas untuk kolak dari jenis pisang adalah pisang olahan, bukan pisang meja. Akan tetapi jenis pisang olahan sendiri sangat banyak sekali dan tidak semuanya bagus dibuat kolak. Untuk itu, sebelum temen temen membuat kolak, ada baiknya lihat dulu jenis jenis pisang untuk kolak berikut ini.

Jenis Pisang Untuk Kolak


1. Pisang Nangka atau Raja Nangka
Gambar Jenis Pisang Untuk Kolak-Pisang Nangka

Yang pertama dari jenis pisang untuk kolak adalah pisang nangka atau kalau di daerah saya disebut pisang raja nangka. Pisang nangka termasuk jenis pisang raja dan pisang hijau, pisang ini memiliki tekstur padat.

Baca juga :
Yuk Kenali Jenis Jenis Pisang Raja Yang Ada Di Tanah Air Ini
dan
Jenis Pisang Hijau Atau Pisang Yang Warna Kulitnya Hijau Walaupun Sudah Matang
dan
Warna Pisang Raja Nangka Matang Itu Seperti Ini !!!!

Karena teksturnya yang padat inilah pisang raja nangka atau pisang nangka sangat pas bila dijadikan bahan baku kolak. Selain itu, pisang raja ini ukuranya lumayan besar, jadi hanya dengan beberapa biji pisang saja tentunya sudah lebih dari cukup untuk porsi kolak sekeluarga.

Baca juga : Siapa Yang Mau Tau dan Lihat Gambar Gambar Pisang Besar? Langsung Simak Saja

Rasa pisang nangka ini saat sudah memang sedikit asam, meski begitu pisang nangka ini akan terasa manis dan legit bila dijadikan kolak.

2. Pisang Uli
Gambar Jenis Pisang Untuk Kolak-Pisang Uli
bukalapak.com

Yang kedua dari jenis pisang untuk kolak adalah pisang uli. Pisang uli juga dikenal dengan pisang raja uli, pisang yang satu ini selain cocok banget dibuat kolak juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk pisang goreng.

Baca juga : Jenis Pisang Untuk Pisang Goreng

Pisang uli ini juga padat, jadi bagus buat kolak, selain itu aromanya yang khas dan juga rasanya yang manis akan menambah kolak temen temen semakin legit.

3. Pisang Tanduk
Gambar Jenis Pisang Untuk Kolak-Pisang Tanduk

Yang ke 3 dari jenis pisang untuk kolak adalah pisang tanduk, pisang tanduk merupakan jenis pisang yang ukuranya besar dan berbentuk layaknya tanduk.

Pisang tanduk dengan ukuranya yang besar tentunya akan memuaskan para anggota keluarga setelah seharian berpuasa.

Selain banyak dikonsumsi dan juga dipasarkan dengan direbus serta digoreng, tentunya pisang tanduk ini juga nikmat ketika dijadikan bahan dasar kolak.

Baca juga : Akhirnya Terjawab Sudah Rasa Penasaran Saya Seperti Apa Rasa Pisang Tanduk Goreng

4. Pisang Janten
Gambar Jenis Pisang Untuk Kolak-Pisang Janten

Gambar pisang janten pada gambar di atas yang panjang, sedangkan yang kecil adalah gambar pisang muli atau pisang lampung

Sampai sekarang saya sendiri belum menemukan nama lain pisang janten ini, akan tetapi bagi temen temen yang hidup di Jakarta tentunya taulah pisang janten, itu karena pisang janten yang banyak dibudidayakan di Lampung kebanyakan dikirim ke Jakarta.

Kenapa pisang ini juga nikmat untuk kolak, karena pengalaman dulu pas hidup di lampung pernah merasakan kolak pisang janten ini.

5. Pisang Gablok
Gambar Jenis Pisang Untuk Kolak-Pisang Gablok

Pisang gablok di daerah saya menyebut pisang ini dengan nama Gedang Gablok..buah pisang gablok ini hampir mirip dengan pisang kepok, hanya saja ukuranya jauh lebih besar dan pada saat mentah ciri cirinya kulit buah berwarna biru langit dan ketika sudah matang rasa buahnya agak asam.

Pisang ini di daerah saya banyak dimanfaatkan untuk membuat kolak tanpa santan yang disebut dengan Setup....

Jenis Pisang Untuk Kolak Yang Paling Enak


Buah pisang yang paling enak menurut banyak orang adalah pisang kepok, baik pisang kepok putih maupun pisang kepok kuning atau kepok merah sama sama nikmat, akan tetapi karena pada saat matang pisang kepok kuning rasanya lebih manis, kemungkinan juga bila dijadikan kolak pisang kepok kuning jauh lebih legit rasanya.

Gambar Pisang Kepok Putih
Gambar Jenis Pisang Untuk Kolak-Pisang Kepok Putih

Baca Juga : Tips Membeli Pisang Kepok Merah Agar Tidak Keliru Dengan Pisang Kepok Putih

Gambar Pisang Kepok Kuning atau Kepok Merah
Gambar Jenis Pisang Untuk Kolak-Pisang Kepok Kuning

Nah itulah dari jenis jenis pisang untuk kolak, semoga bermanfaat

0 Response to "Jenis Pisang Untuk Kolak Yang Paling Enak"

Post a Comment

Sebelumnya Mohon Maaf => Berkomentar Dengan Link Akan Dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel